By   Article Published 28 April 2015
 

Sebelum memutuskan untuk membuat website toko online kita harus mengetahui apa saja kah yang perlu dipersiapkan. Berikut beberapa di antaranya yang saya harap bisa membantu anda:

1. Temukan Product

Pertama, Anda harus menentukan product apakah yang akan Anda jual. Langkah riset pasar offline / online penting sekali dilakukan. Selengkapnya bisa anda baca di sini: Riset Pasar Offline dan Online. Selain riset, hal lain yang harus anda pertimbangkan adalah sumber daya produsen. Entah anda membeli dari produsen atau bahkan menjadi produsen.

2. Tentukan Target Penjualan

Langkah selanjutnya adalah menentukan target pembeli. Dengan demikian anda tidak akan salah dalam melakukan promosi. Contoh sederhananya pada pertandingan bola PERSIJA lawan AREMA, anda tidak bisa menjual kaos PERSEBAYA, sebab jelas tidak ada kaitannya. Makanya, dalam berjualan kita harus pandai-pandai membaca peluang.

3. Tepat Memilih Domain dan Hosting

Anda bisa membaca dulu mengenai bahan pertimbangan memilih nama domain untuk site e-commerce / bisnis di sini: Cara Klasik Memilih Nama Domain. Sedangkan kasus nyata berikut bisa kita jadikan masukan agar tidak sembarang memilih jasa pendaftaran domain: Pengalaman Pentingnya Akses Penuh terhadap Nama Domain. Untuk memilih web hosting, berikut telah kami lengkapkan uraiannya di sini: Tips Memilih Web Hosting Indonesia.

4. Datangkan Traffic

Selanjutnya adalah memperkenalkan website Anda pada dunia. Anda bisa mulai dengan menyebar kabar mengenai website anda di Social Media (Twitter, Facebook, Google+, dsb). Kegiatan woro-woro ini penting dilakukan selama 3 bulan pertama launching website anda sebab pada 3 bulan ini website Anda masih belum dikenal oleh Google sehingga sumber traffic anda akan bergantung pada seberapa gencar kegiatan woro-woro anda.

5. Jadwalkan Waktu Online

Hal crucial lainnya adalah memutuskan kapan lapak anda buka dan kapan anda tutup. Kemudian konsisten memberikan pelayanan pada jadwal tersebut. Tampilkan jadwal tersebut di bagian yang terlihat pada website anda agar pengunjung website Anda langsung tahu kapan mereka bisa menghubungi anda.

6. Bangun Trust, Buat Pengunjung Jadi Pembeli, dan Pembeli jadi Pelanggan

Setelah menjadwalkan waktu online, langkah selanjutnya adalah membangun kepercayaan pelanggan. Kuncinya sederhana, yaitu membuat pelanggan Anda merasa senyamanan mungkin dengan pelayanan Anda. Hal teknis lainnya meliputi kemampuan selling dan marketing anda, bagaimana menjadikan interaksi dan transaksi selama proses jual beli lebih mudah, promosi seperti hadiah kejutan untuk pembeli anda, dsb.

7. Konsisten

Ketika semua langkah diatas telah terlaksana, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah konsisten menjalankan bisnis Anda. Bosan pasti datang dan itu manusiawi. Namun jika ingin berkembang, maka anda harus konsisten. Tetap rutin update product anda, berikan service terbaik untuk pelanggan, dan dapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya.

Demikian 7 persiapan membuat website toko online bagi Anda yang akan membangun toko online, semoga bermanfaat.


Related Article