By   Article Published 28 April 2015
 

Website menjadi ujung tombak kesuksesan suatu bisnis online. Bagaimana tidak, bisnis online saat ini sudah banyak yang menggunakan website toko onlinenya sendiri. Selain agar lebih mudah dalam bertransaksi, website toko online juga membentuk nilai profesionalitas terhadap bisnis yang Anda miliki. Itu sebabnya kita harus selalu tahu bagaimana cara meningkatkan pendapatan toko online melalui sebuah website. Terlihat sederhana, karena ini bisa kita lakukan dimanapun dan kapanpun, karena kita bergerak di bidang online. Lalu bagaimana cara meningkatkan pendapatan toko online Anda melalui website yang Anda miliki?

1. Buatlah button action yang jelas dan menarik

Berbelanja online dicari karena kemudahannya. Kita hanya tinggal duduk di depan laptop atau hanya dengan memegang sebuah handphone, mencari produk yang diinginkan, dan klik tombol pesan. Maka kita sudah disebut dengan berbelanja online. Ini artinya tombol pesan atau add memiliki fungsi yang sangat penting untuk sebuah website toko online. Untuk menarik perhatian setiap pengunjung website Anda, buatlah rancangan tombol add to chart yang menarik dan yang pasti jelas. Dengan begitu ketika mereka sudah yakin ingin membeli produk itu, mereka akan langsung menekan tombol add tersebut.

2. Gunakan video untuk deskripsi produk

descripsi produk berupa tulisan sudah biasa. Lalu, pernahkah Anda mencoba mengunggah descripsi produk berupa sebuah video. Video yang membantu Anda menjelaskan kepada pengunjung dengan lebih mudah dan jelas. Video ini sangat cocok digunakan untuk mendescripsikan produk makanan. Bisa saja Anda mengunggah video berupa penjelasan kue yang lucu, resep kue tersebut, hingga menjelaskan bagaimana pelanggan lain menyukai produk Anda. Nah video descripsi ini bisa menjadi alternatif Anda menarik perhatian pengunjung website Anda.

3. Sertakan rank produk Anda

Untuk menarik perhatian pengunjung, Anda juga bisa mencantumkan sebuah prestasi dari produk yang Anda tawarkan. Bisa dari testimonial pelanggan, hingga dari rangking produk yang sengaja Anda berikan. Rank ini bertujuan untuk menunjukkan kepada pengunjung jika produk tersebut memang paling banyak disukai oleh pelanggan Anda.

4. Pastikan proses pemesanan lancar

Proses pemesanan dan traksaksi pembayaran di sebuah toko online memang menjadi pantauan utama bagi setiap pemilik toko online. Anda bisa saja membuat desain toko online yang bagus dan sangat disenangi oleh pengunjung, tapi apa jadinya ketika mereka ingin memesan dan terjadi kesalahan pada proses tersebut, lalu mereka harus mengulang kembali proses pemesanan itu. Itu akan membuang waktu dan tentu saja membuat kesal sebagian pelanggan Anda. Maka dari itu, jangan biarkan proses pemesanan Anda bermasalah. Pastikan selalu proses pemesanan Anda lancar. Dan jika terdapat kesalaha, segera perbaiki.

5. Prioritaskan pelanggan

Pelanggan memang menjadi raja di dalam bisnis kita, itu sebabnya toko online juga membutuhkan suatu cara untuk memprioritaskan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan layanan yang selalu siap kapan saja. Di dalam website toko online, Anda bisa mencantumkan wedget chating seperti, WGChat, Zopim dan lain sebagainya. Di menu contact us, Anda juga bisa mencantumkan kontak person yang bisa dengan mudah menghubungi Anda, atau bisa dengan memberikan sebuah form untuk bisa menghubungi Anda. Buat mereka seolah - olah dekat dengan Anda.

6. Beri penawaran khusus dengan desain menarik

Siapa yang tidak tertarik jika diberikan sebuah diskon, voucher gratis dan penawaran lainnya? Di dalam bisnis online, Anda juga bisa memberikan diskon tersebut melalui sebuah halaman website. Berikan sebuah desain yang menarik untuk konten promo Anda. Berikan sebuah label atau tagline yang menarik untuk setiap diskon dan penawaran lainnya. Pastikan pengunjung akan langsung tahu tentang penawaran tersebut, ketika mereka masuk ke website Anda.

7. Pastikan ada nilai tambah dari produk Anda

Pastikan pelanggan puas atas produk Anda, baik dari segi bentuk, harga dan kualitas yang diberikan. Setelah mereka mendapatkan produk yang dibeli, mintalah pendapat tentang nilai yang dihasilkan oleh produk Anda. Jika ada saran atau kritikan, pastikan Anda menerimanya. Dan berikan penjelasn yang meyakinkan jika mereka bertanya tentang produk yang Anda jual.

8. Berikan kupon untuk diskon produk

Setelah memberikan sebuah penawaran khusus berupa diskon, pastikan Anda memberikan pelanggan kemudahan untuk mendapatkan diskon tersebut, salah satu caranya adalah dengan memberikan kupon. Ketika pengunjung mengklik konten diskon tersebut, Anda bisa meminta data diri mereka dan kemudian mengirimkan email berisi kupon diskon kepada pelanggan Anda. Ini akan terlihat lebih mudah bukan.

9. Yakinkan pelanggan dengan foto produk

Berjualan online bukan hanya bergantung pada desain halaman website yang menarik dan mudah dipahami pengunjung. Foto produk juga menjadi kunci utama untuk bisa meyakinkan pengunjung dan menjual produk dari sebuah website. Pastikan Anda mengunggah foto produk dengan kualitas terbaik yang Anda miliki. Anda tidak harus menggunakan kamera mahal atau menyewa jasa fotografer untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Dengan sedikit edit dan tanpa mengurangi bentuk asli dari produk, Anda juga bisa meyakinkan pengunjung dengan hal itu. Anda juga bisa menampilkan lebih dari 1 foto yang berbeda untuk produk yang sama. Contohnya, produk pakaian wanita yang Anda upload menggunakan warna putih, Anda bisa mengunggah foto lainnya yang menggunakan warna merah, biru ataupun hitam.

10. Pertahankan pelanggan dari mailing list

Dari setiap email pengunjung yang masuk ke database Anda, maka kelolalah data tersebut. Tujuannya cukup sederhana, untuk memudahkan Anda dalam mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan yang sudah beralih dari Anda. Dengan data email tersebut, Anda bisa sewaktu - waktu mengirimkan email penawaran, email promosi dan lain sebagainya. Pastikan kontak dari email tersebut aktif dan bisa terus menjadi jalan bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

6 Jenis Email Marketing yang Dapat Digunakan untuk Bisnis Anda

5 Cara Marketing di Dunia Digital

6 Tanda Bisnis Online Anda Sulit Mencapai Sukses



Related Article